Kunjungan UKM-ITB ke LS-ITB


Pada senin 8 mei 2017, UKM-ITB mengadakan kunjungan ke salah satu unit seni budaya yang ada di Institut Teknologi Bandung. Unit yang dikunjungi adalah Lingkar Sastra ITB (LS-ITB). Sekretariat LS-ITB berlokasi di selasar mekanika tanah, ITB.

Pada kunjungan ini, jumlah anggota UKM-ITB yang hadir yaitu sebanyak 10 orang dan jumlah tuan rumah yaitu sebanyak 6 orang. Tujuan kunjungan ini untuk mengetahui kegiatan dari masing – masing unit serta sharing budaya dan yang paling utama yaitu meningkatkan silaturrahmi di antara kedua unit ini. Lingkar Sastra ITB (LS-IB)

Di awal tahun 1960, terdapat sebuah paguyuban sastra yang bernama Gerakan Apresiasi Sastra. Gerakan ini telah ada sejak tahun 1960 sampai 1980. Tiba – tiba di tahun 1990an, gerakan ini hilang dan belum diketahui penyebab hilangnya sampai saat ini. Di tahun 2009, beberapa orang penggemar seni sastra mulai berkumpul dan merumuskan untuk membentuk suatu wadah untuk menyalurkan bakat mereka. Akhirnya, berdirilah sebuah unit yang bernama LS-ITB. LS-ITB bukanlah merupkan suatu unit kajian. Namun, LS-ITB merupakan satu-satunya unit yang berkaitan dengan seni sastra di ITB.

Unit ini terus melakukan perbaikan demi perbaikan untuk menjadi unit yang luar biasa. Hal ini di dukung dengan visi dari LS-ITB yaitu “Apresiatif dan Produktif”. Apresiatif merupakan apresiasi terhadap karya sastra yang sudah ada dan produktif yaitu meciptakan sebuah karya seperti menciptakan buku dan penampilan seperti musikalisasi puisi. LS-ITB adalah unit yang berhubungan dengan literasi / sastra. Oleh karena itu, LS-ITB termasuk ke dalam rumpun seni budaya karena literasi merupakan suatu seni. Selain itu, unit ini merupakan wadah untuk mahasiswa – mahasiswa yang ingin menyalurkan kreativitasnya khususnya di bidang puisi atau cerpen.

Struktur kepengurusan LS-ITB termasuk kategori ramping karena hanya terdiri dari:

  • Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara
  • Divisi Kekaryaan yang mana bertugas untuk koordinator kajian dan cetak karya
  • Divisi Eksternal yang mana bertugas berhubungan dengan pihak luar
  • Divisi BRT yang mana bertugas coordinator perpustakaan, kesekretariatan.
  • Divisi Internal yang mana bertugas memanajemen anggota serta mengurus pendataan

Adapun untuk kegiatan kaderisa ditanggungjawabi oleh wakil ketua Adapun kegiatan – kegiatan di LS-ITB terdiri dari kegiatan rutin dan kegiatan tahunan. Kegiatan rutin diantaranya:

  • Kajian tiap kamis malam
  • Nonton film
  • Puisi berantai,
  • Makan - makan dari pihak BRT

Kegiatan tahunan LS ITB yaitu Kaderisasi dan Workshop Kepenulisan. Kaderisasi ini merupakan tanggung jawab Wakil Ketua. Kaderisasi ini diadakan di semester ganjil dan terdiri dari 5 pertemuan serta pementasan yang dinamakan Aksara Beta. Pementasan ini merupakan ajang calon anggota menunjukkan skill atau keahliannya di bidang seni sastra. Setelah proses ini, calon anggota resmi menjadi anggota LS-ITB. Dari 3 tahun belakangan ini, jumlah anggota LS-ITB semakin meningkat atau tren positif. Workshop Kepenulisan merupakan acara yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan salah satunya seminar yang mengundang sastrawan ternama sebagai narasumber. Selain itu, diadakan pelatihan kepenulisan serta lomba karya tulis tingkat nasional.

Selain kegitan – kegiatan di atas, LS-ITB juga mengadakan LS Nyastra yang mana ini merupkan kegiatan yang membebaskan masyarakt umum untuk mengirim karya sastranya kepada LS-ITB melalui account Facebook dan Official Line. Kegiatan ini free dan hak cipta masih atas nama pengirim sehingga tidak perlu ragu untuk mensubmit hasil karya. Adapun mekanisme submit yaitu dengan mengirim karya ke email lingkarsastrabandung@gmail.com (cantumkan gambar dan kata – kata).

Untuk info lebih lanjut terkait Lingkar Sastra ITB, dapat mengunjungi media – media di bawah ini: Twitter: @lingkarsastra
Ig: @lingkarsastraitb
Web: lingkarsastraitb.wordpress.com
Line: @jdt2893d
Issuu: issuu.com/lingkarsastraitb
Facebook: ITB nyastra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *